Cara Budidaya Kroto Modern, Usaha Rumahan Omset Puluhan Juta


Cara Budidaya kroto modern

Hallo selamat sore, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya kroto modern. Bagi para pecinta kicau burung tentu tidak asing dengan hal ini. kroto merupakan salah satu pakan terbaik untuk burung kicau, karena mempunyai banyak kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan burung.

Ternak kroto bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan, seperti yang kita ketahui banyak penggemar burung yang membutuhkan kroto sebagai pakan peliharaan mereka.

Saat ini harga kroto mencapai ratusan ribu perkilonya. kenapa kroto bisa mengalami kenaikan harga yang harga yang signifikan. salah satu faktornya adalah kelangkaan kroto sendiri. awal mulanya kroto tersebar luas di alam, namun karena semakin banyak nya lahan yang di bangun menjadi perumahan mengakibatkan ruang perkembangbiakan kroto semakin sempit.

Mengetahui hal tersebut, banyak orang yang mulai membudidayakan kroto. entah itu untuk kepentingan sendiri atau untuk membangun usaha demi meraih keuntungan.

Kelebihan budidaya kroto

Budidaya kroto mempunyai kelebihan yang tidak bisa di dapat dari bisnis lain. mulai dari harga yang selalu naik. kelangkaan menjadi salah satu penyebab utama harga kroto selalu naik.

Media untuk budidaya pun sangat mudah di dapat. mulai dari menggunakan media paralon hingga media toples. kedua media ini di gunakan untuk ternak kroto dan terbukti efektif serta tidak memerlukan ruang yang luas.

Tahapan Budidaya Kroto Modern


Jika biasanya budidaya kroto menggunakan media alam seperti pohon, namun di budidaya kroto modern ini menggunakan lain yang lebih praktis dan dapat menghasilkan kroto lebih banyak. media tersebut adalah pipa paralon dan toples.

Persiapan Rak untuk Tempat Media Budidaya Kroto

Sebelum mulai budidaya, persiapan pertama adalah membuat rak untuk tempat media budidaya kroto. anda bisa membuatnya menggunakan kayu atau pipa peralon. yang di rakit sedemikian rupa.

Cara Budidaya kroto modern

Perlu di perhatikan adalah pada kaki-kaki rak. pada kaki rak harus di pasang pengaman agar semut, ini bertujuan agar semut tidak bisa keluar dari rak. caranya sangat mudah, yakni dengan memasang  kaleng cat atau nampan yang telah terisi air/oli di setiap kaki-kaki rak.

Penempatan rak juga tidak boleh terlalu dekat dengan dinding, tujuan nya sama yakni agar semut tidak bisa keluar dari rak.

Menyiapkan Bibit

Hal yang perlu di siapkan selanjutnya adalah penyiapan bibit. anda bisa mencarinya di alam bebas atau anda juga bisa membelinya di pedagang karena saat ini telah banyak yang memperjual belikan bibit semut rang-rang untuk di budidayakan. jika anda beruntung anda bisa juga belajar dari pedagang tersebut untuk budidaya kroto.

Dalam satu koloni semut ada beberapa jenis semut yakni semut prajurit, pekerja, ratu semut dan semut jantan. semua jenis semut tersebut harus lengkap karena semua itu berperan penting untuk menghasilkan kroto.

Menyiapkan Media Budidaya

Ada dua jenis media yang bisa anda gunakan. yakni media toples dan media pipa paralon. dua media ini sama-sama bagus untuk budidaya kroto.

Budidaya Kroto Media Paralon
Budidaya Kroto Media Paralon

Budidaya Kroto Media Toples
Budidaya Kroto Media Toples

Di toples biasanya para pembudidaya menggunakan toples berukuran kecil bekas wadah sosis, anda bisa mendapatkan nya di pedagang online. untuk selanjutnya anda bisa menggunakan pipa paralon dengan ukuran 3 inc yang di potong-potong sesuai keinginan anda.

Pakan

Sama dengan ternak hewan lain, anda juga harus memberi makan agar semut yang anda budidaya sehat dan siap menghasilkan kroto.

Nah untuk media pakan, anda bisa menggunakan gelas yang di isi air dan gula yang telah di campur. selain itu anda juga bisa memberikan pakan lain seperti ulat hongkong, jangkrik, atau belalang.

Merawat Tempat Budidaya

Kebersihan tempat peternakan pun juga menjadi aspek penting bagi kelangsungan hidup semut rang-rang. faktor cahaya dan kelembapan udara juga patut di perhatikan.

Memanen Kroto

Di awal bulan biasanya semut rang-rang sudah bisa menghasilkan kroto namun masih sedikit dan belum bisa di panen. tunggulah hingga 4-6 bulan dari hari pertama ternak. tujuannya adalah agar semut bisa berkembang telebih dahulu dan bisa menghasilkan kroto lebih banyak.

Biasanya satu toples bisa menghasilkan satu sampai dua ons kroto. tinggal di kalikan jika 10 toples maka bisa menghasilkan 1 kilogram kroto.

Ternak kroto menjadi pilihan usaha yang cukup menjanjikan, selain anda tidak butuh modal banyak resiko kerugian juga cukup minim. jika di tekuni tentu saja ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, mengingat kroto menjadi salah satu pakan paling di buru oleh penggemar  burung kicau.